Narasumber yang akan berbagi ilmu tentang ilmu pemasaran buku adalag Bapak Agus Subardana. Berikut CV beliau :
- Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (Online )
- Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
- Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Manfaat Digital Marketing :
- Biaya relatif terjangkau
- Daya jangkau sangat luas
- Mudah menetukan target pasar
- Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
- Lebih cepat ke sasaran, populer, mudah di evaluasi
- Strategi pemasaran buku serangan Darat (Offline )
- Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
- Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura
Mantap Bu... semangat....
BalasHapusResumenya ok bu, tersusun rapih tulisannya.
BalasHapusResume yang selalu ku suka kakak..
BalasHapusKeren dan cantik bunda resumenya
BalasHapusBungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline
BalasHapusMantap resumenya 👍
BalasHapusMantap uni Yati...
BalasHapussemangat buku dan terbitkan buku solo ayo pasti bisa
BalasHapus