Rabu, 29 Juni 2022

Pemasaran Buku


Rabu menjelang dengan hembusan  angin mengandung uap air, dingin. Malam ini pertemuan ke-19 menyapa bersama moderator kece Bapak Sigid Purwo Nugroho. Pelatihan diawali tentunya dengan persiapan kenyamanan diri sendiri, hehe. "Draft, sinopsis buku yang akan di terbitkan harus segera di susun agar memudahkan untuk nanti." Begitu kata Pak Sigid.

Narasumber yang akan berbagi ilmu tentang ilmu pemasaran buku adalag Bapak Agus Subardana. Berikut CV beliau :


Beliau sudah 18 tahun bergabung dalam Penerbit Andi Offset yang menerbitkan sekitar 30 kategori buku. Penerbit ini termasuk penerbit mayor yang mencetak buku tidak dalam eksemplar kecil serta memiliki kategori dan penilaian tersendiri dari tim. Kata lain adalah melalui proses seleksi dari segala aspek.

Bagaimana strategi pemasaran buku?

  • Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (Online )
    • Pentingnya Transformasi Digital 

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

    • Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Manfaat Digital Marketing :

  • Biaya relatif terjangkau
  • Daya jangkau sangat luas
  • Mudah menetukan target pasar
  • Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
  • Lebih cepat ke sasaran, populer, mudah di evaluasi
Untuk Penerbit Andi sudah banyak bekerjasama dengan marketplace online, sehingga mudah menawarkan, memasarkan serta mempermudah pembelian. Selain itu sudah banyak memiliki reseller yang membantu untuk pemasaran ke komunitas dan lainnya.

  • Strategi pemasaran buku serangan Darat (Offline )
    • Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

    •  Directselling 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura

 

8 komentar:

Koneksi Antarmateri Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Bagaimana Filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin ...